Warung Melayu Medan : Anak Medan Punya Rasa


Waktu pertama kali ditawarin nyicipin masakan medan sama salah satu sejawat blogger saya agak ragu, secara lidah saya kan njawa banget, takut kurang klop sama lidah orang medan. Eh tapi mbak Tutty bilang Warung Medan Melayu ini menunya enak enak lho, nyesel deh kalo gak nyoba!! Aduhhh, adek lemah deh kalo dibujuk rayu sama makanan. Hahahaha

Jam 20.30 saya cuss boyong abhi ke Ruko Bolsena yang ada di Gading serpong, 15 menit perjalanan langsung disambut musik ala cafetaria. Saya jadi maju mundur nih mau masuk, ini warung, resto atau cafe sih ?



Daripada bertanya tanya mending saya masuk deh. Hehe, baru beberapa langkah saya sudah disambut deretan kursi tang tertata rapi dengan detil ruang yang nyaman sekali buat nongkrong. Fix! Ini tempat asik buat malam mingguan. Hihihi



Pengamatan saya berakhir dengan abhirama yang nyeret ngajak ke lantai dua, sumber suara musik yang bergonjrengan serta cekikikan yang akrab ditelinga. Benar saja, sampai diatas saya bertemu sosok bohay yang saya kenal, siapa lagi kalau bukan mbak tutty. Orang medan ini sedang asik bercengkrama dengan 3 orang yang saya ketahui belakangan adalah Owner dan chef dari restoran ini.

Tentang Warung Medan Melayu




Adalah Merry Sitorus SH yang berinisiatif mendirikan warung medan melayu ini pertama kali di kota Medan tepatnya di jalan setiabudi. Kecintaannya pada masakan Medan terbawa hingga ke kota tinggalnya saat ini membuatnya kemudian membuka cabang Warung Medan Melayu di area Bisnis Gading Serpong. Dua tahun berdiri, Warung Medan Merdeka tidak hanya menjual makanan anak medan, tetapi membawa suasana medan langsung kemari melalui penyanyi yang mahir mendendangkan lagu lagu melayu.


Bagaimana dengan makanannya ? sudah pasti enak dong! Favorit saya adalah Lontong Medan. Lontong Medan ? dijakarta juga banyak kehles! Itu isi otak saya pertama kali melihat menunya, maklum, bibir saya kalo gak nyinyir gak asik *diceburin ke neraka*



Pikiran saya ternyata salah, lontong sayurnya beda banget. Kuahnya kental yang kaya akan rempah, santannya gurihnya pas dan ga bikin hareneg. Oh ya, saat ngunyah saya kayak dapet kejutan gitu, ada kerupuk ubi kering yang krenyes krenyes pas di gigit. Dan lontong sayurnya dilengkapi sama serundeng dan sambal teri medan. Tadinya saya kembali berfikir negatif, abisnya kan asing gitu serundeng ditabur di kuah lontong. Tapi lagi lagi saya salah, taburan serundeng medan yang diolah sendiri ini terasa klop dilidah. Apalagi ada sambal teri medannya, beuh, top markotop ih endewsnya. Sepiring lontong sayur saya tandaskan sendiri dalam diam. *laper buuk*



Gak cuma lontong, saya juga nyobain Nasi Goreng Teri Medan. Seperti pada umumnya, nasi goreng teri medan ini kaya akan teri yang renyah dan gurih, tambahannya adalah sayuran yang di campurkan didalam nasi goreng ini yang unik. Seumur umur baru kali ini soalnya makan nasi goreng ada sayurannya. Wortel yang manis dengan ukuran yang kecil disukai sama abhirama, apalagi ada telur mata sapi sebagai pelengkapnya. Bikin abhirama langsung teriak, Lagi Don! (read : lagi dong!)

Kenyang dengan lontong dan nasi goreng, saya beralih pada yang manis manis. Pilihan saya jatuh pada lupis medan. Penganan tradisional ini memiliki bentuk dan tekstur yang sama dengan lupis yang ada di betawi. Bedanya, kuah yang di tuang adalah kuah dari gula merah yang nikmat banget. Manis dan kental beradu dengan lopis yang gurih dan legit.

Buat minuman yang terfavorit adalah Es Markisa Brastagi Medan dimana markisa dan gula aren yang jadi bahan utamanya adalah racikan sendiri. Rasa asam dan segar berpadu menjadi satu, trus ketimpa es batu yang dingin seger. Errr, enak banget jadi menu pembuka puasa nanti kan ?



Nah selain empat menu yang saya andal kan diatas masih banyak lagi menu lainnya seperti Mie Sop Medan, Soto Medan, dan Nasi goreng polos. Ada juga kopi sidikadang yang kononnya merupakan kopi terenak di medan, berhubung saya gak doyan kopi jadi kurang tahu rasanya. Next mungkin demi pembaca bakal saya cobain. *tsah*

Urusan harga, Warung Medan Melayu ini mematok harga standart yakni mulai dari tujuh ribu hingga tiga puluh lima ribu. Selain buat makan bersama keluarga dan pacar, restoran ini juga menyediakan tempat meeting, karaoke serta tempat bermain catur dimana sudah dua kali turnamen catur diadakan disini.

Buat kamu yang beragama islam gak perlu khawatir karna semua makanan di restoran ini HALAL dan Non MSG. Nah, tunggu apalagi, kamu bisa langsung cuss ke restoran Warung Medan Melayu yang resepnya dibuat langsung oleh kak Tira yang juga aktif mengelola resto utama di Medan, dan dimasak oleh chef monalisa.


Oh iya, buat yang malas pergi keluar rumah tapi mau nyicipin masakan medan, bisa pesan antar loh. Buat yang masih penasran cuss deh kepoin IG nya @warungmelayumedan.

alamat

Warung Melayu Medan, Ruko Bolsena A5 Gading Serpong
021 29171504

You Might Also Like

0 comments