Yang Wajib di Coba Selama Asian Games 2018


Hari ini, Asian Games akan usai. Gegap gempita selama hampir sebulan ini terbayar lunas dengan perolehan mendali kita yang bisa dibilang diluar ekspektasi semua orang. Emang sih, Pak Jokowi udah punya target dan ternyata ini melampaui dari target yang diharapkan beliau. Kita patut bangga dan bahagia dong ya gaes.

Dalam perhelatan akbar yang mengundang decak kagum ini, gw melihat banyak sekali peluang untuk pemerintah dalam hal meraup keuntungan dari segi pariwisata. Ada 45 negara yang berpartisipasi dengan 11.720 atlet baik dari dalam maupun luar negeri, itu baru atletnya, belom termasuk pelatih, suporter, dan yang lainnya lho. Kegiatan Asian Games ini terbagi ke dua kota yakni Palembang dan Jakarta, meski di kota lain ada juga sih ya, tapi fokusnya kayaknya lebih ke dua kota ini. Dan di dua kota ini ada baaaaaanyak banget hal hal yang bisa di temukan dan di eksplor sama para turis. Ya kan ? Nah buat para turis yang masih di Indonesia, gak ada salahnya lo jelajahin 3 hal yang gw ulas ini sebelum pulang ke kota atau negara lo sendiri. Apa itu ?

1. Makanan


Men, main ke Indonesia tapi gak nyicipin makanan nya itu rugi banget. Bule bule bahkan ngakuin kalo makanan Indonesia itu top abis. Bahkan ada yang sampe bikin lagu kan ? Nah buat kalian yang datang menonton Asian Games 2018 ini, boleh lah kuliner sejenak. Kita punya banyak banget makanan disini. Dijakarta misalnya, kalian bisa makan nasi goreng, karedok, gado gado, ketoprak, sate, nasi padang. Hmm, menggoyang lidah semua tuh makanan.

Eaaa

Yang di Palembang juga gak kalah banyak nih makanan yang bisa di cicipin. Palembang itu identik dengan makanan berbahan dasar ikan kayak pempek, tekwan, pindang patin, es kacang merah, dan kerupuk kemplang. Duh, membayangkannya saja liur ini tak henti merembes.

Jangan biarkan bu susi menenggelamkan mu

2. Tempat Wisata

Palembang punya nih

Abis nonton Asian Games, jangan langsung pulang. Coba deh main dulu ke lokasi wisata yang ada di Jakarta maupun Palembang. Sama sama merupakan kota besar di Indonesia, Jakarta dan Palembang punya tempat wisata yang hampir sama yakni perpaduan sejarah, alam dan modern. Kalo Jakarta, tempat wisata yang condong ke sejarah, kayak Kota Tua yang punya banyak museum seperti Fatahillah, Lubang Buaya, Monas sementara kalo Palembang ada Masjid Agung, Pulau Kemaro, Al Quran Akbar, Baba Ong Boen Tjit House, Jembatan Ampera. Kalo yang alam gitu ada taman hutan bakau, ragunan, dan kalo di palembang ada Taman Kambang Iwak Besak, dan kalo mau jalan ada menjauh dari palembang ada yang namanya Hutan Lindung Punti Kayu yang jaraknya 7 km dari Palembang.


Untuk wisata modern mah kayaknya gak usah ku bilang juga udah pada tau ya, apalagi di Jakarta. Mall mall melintang menjulang di berbagai titik, ada juga yang lagi hitz namanya Museum Macan, wajib tuh main ke situ. Kalo di Palembang juga ada namanya G art Studio, atau main ke Palembang Icon.

3. Transportasi

Wajib coba bajaj ( doc. Wikipedia)

Kalo pesawat atau bus kota kayaknya di negara dan kota lain juga ada ya, tapi kalo LRT, KRL, Kopaja, bajaj, bentor, bus tingkat, mungkin di kota kamu belum ada. Gak ada salahnya dong di coba, apalagi LRT yang baru aja beroperasi di Palembang. Rasanya akan menjadi pengalaman unik nih kalo nyobain naik angkutan kota yang dimiliki oleh kota tersebut sambil menikmati keindahan kotanya.

LRT Palembang (doc. Detik)

Kalo di Jakarta, kalian perlu coba naik bajaj gaes, tenang, bajaj Jakarta udah pake BBG, jadi polusinya gak terlalu parah. Asal saran gw naiknya di pagi atau malam hari, kalo siang Jakarta cukup terik untuk naik angkutan umum yang gak ber AC.

Nah itu dia 3 hal yang mungkin bisa lo cobain selama di Jakarta atau Palembang dalam rangka perhelatan Asian Games 2018 ini. Oh ya, kalo di Monas, tiap jam 7 malam ada Mapping sesion. Jadi laser di tembakin ke tiang monas bikin icon kebanggaan ibu kota ini jadi cantik. Kalo lo sempet mungkin bisa nonton juga karena selain cakep, wisata ini gratis jadi gak ngurangin duit jajan lo. Hehehe.

Opening Ceremony (doc. Tabloid Bintang)

Bisa dibilang gw agak gak terima nih Asian Games 2018  harus berakhir secepat ini. Padahal baru kemarin gw ketemu oppa korea yang cakep cakep di jalanan Jakarta tanpa harus pergi ke Korea. Hahaha. Ga deng, gw lebih gak rela ajang 4 tahunan ini berakhir karena event ini tuh ngasih banyak peluang buat kita memperkenalkan Indonesia yang bukan cuma Bali aja tempat wisatanya. Tapi setiap kota di Indonesia adalah tempat wisata yang patut dikunjungi. Iya gak sih ?

You Might Also Like

0 comments