Bebas Anyang-Anyangan Saat Traveling


Jadi seorang traveler kece udah semacam impian buat gw, tiap ada duit lebih pasti pikiran gw udah langsung ngebayangin liburan ke tempat yang sama sekali belum pernah terjamah sama gw. Gak peduli seperti apa jauhnya, gak peduli seberapa mahal costnya, atau kayak gimana medan  yang akan gw hadapi. Yang penting mimpi dulu deh!

Honestly kadang gw mikir kenekatan gw ini sering juga menyulitkan karena gw dibikin shock ketika sampai dikota orang ternyata gak sesuai sama ekspektasi yang dibayangin. Meski sebelumnya gw nyari info dulu di google, tapi kadang meleset jauh dari impian. Yang paling parah bagi traveler adalah saat lo jatuh sakit di kota atau Negara orang, ampun cyyn. Amit amit deh kalo yang kayak gitu sampe kejadian.

Soalnya beberapa kali gw pernah ngalamin, dari yang sekedar demam biasa aja, sampe yang terparah kena infeksi saluran kemih. Nah gw pengen cerita soal kejadian kena infeksi saluran kemih ini, bisa dibilang ini yang terparah karena kejadian berulang kali dan gw gak kapok kapok. Bahahha.

Jadi di tahun 2013 gw pernah baby moon ke jogja, you know lah ya, namanya nganten baru, bakal punya bayik jadi kami gak mau melewatkan kesempatan ini. Bodohnya gw itu punya kebiasaan nahan pipis pas ditempat wisata yang kamar mandinya menurut gw gak resik. Jadi tahun segitu kita ke candi Borobudur dan selama perjalanan naik bis dari jogja ke magelang gw nahan pipis. Meen, itu sakit banget sampe nyeringis gak jelas. Sampe terminal gw langsung ngacir dong ke toilet terdekat, tapi gw batal pipis karena toiletnya gak saik blass. Nahan pipis yang berlangsung lama itu menyebabkan gw mengalami nyeri saat BAK. Itu perasaan yang sungguh menyiksaku. Bahkan sempet demam saat di hotel sampe sama suami di bawa ke klinik.


Menahan pipis yang gw lakukan menyebabkan keselamatan bayi gw nyaris terancam. Anyang anyangan yang menurut gw remeh banget itu ternyata perbuatan bakteri E.Coli yang masuk ke kandung kemih dan menginfeksi area tersebut bahkan kata obgyn gw bisa mengincar ginjal juga. Ngeri ? banget! Setelah kejadian itu gw bertekad untuk lebih kalem lagi menghadapi situasi dan kondisi yang gak sesuai dengan yang gw bayangin. Dan buat lo, baik cewek atau cowok, kalau udah mulai anyang anyangan mending langsung deh cari yang namanya Uricran.




Menurut penelitian, 5 dari 10 wanita rentan terkena anyang anyangan dan situasi ini bisa menjadi buruk apabila tidak ditangani dengan baik. Buat yang belum tahu, ini nih ciri ciri dari anyang anyangan :
  • Nyeri di bawah pinggang bagi wanita, dan di anus bagi pria
  • Volume urine sedikit saat BAK
  • Frekuensi ke kamar mandi menjadi sering dan hasrat untuk BAK lebih sering timbul
  • Urine berwarna keruh atau bahkan disertai dengan darah
  • Terasa perih dan panas saat BAK
  • Demam
  • Lelah dan kurang sehat


Nah buat para traveler khususnya wanita, saya ada tips nih buat menghindari anyang anyangan yakni

  1. Selalu siapkan air bersih dan juga tissue baik tissue basah ataupun kering ( lebih baik lagi tissue yang emang khusus buat wanita) asal jangan tissue makan aja ya gaes. *dikeplak*
  2. Penuhi asupan cairan saat traveling karena sepengalaman gw, kita akan banyak bergerak dan menghabiskan banyak keringat sehingga tubuh butuh asupan pengganti.
  3. Saat membersikan area vital, pastikan arah usapannya adalah dari depan kebelakang, bukan sebaliknya. Karena anus disinyalir sebagai tempat berkumpulnya kuman dan bakteri termasuk bakteri e coli.
  4. Bawalah selalu Uricran, sebuah produk suplemen yang berisi ekstrak cranberry ( vaccinium oxycoccos) yakni tanaman jenis berry yang memiliki kadar vitamin c cukup tinggi dan dipercaya sejak jaman nenek moyang kita mampu mengatasi penyakit anyang anyangan. Antioksidan yang disebut proanthocyanidins mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit ini. 

You Might Also Like

0 comments