Review Eataly Resto Cengkareng : Makan Kenyang, Harga Kayang


Selama ini gw selalu ngaku doyan semua makanan, baik lokal maupun internasional. Berpuluh puluh tempat makan dan resto yang gw kulik, tapiiii kayaknya gw belum pernah bahas soal resto italy deh.

Ya sik, lidah gw emang jawa banget. Karna takut gak cocok sama lidah njowo ini kadang gw kabur kalo ada yang nawarin buat review resto italy. Tapi entah kenapa gw langsung ho'oh aja pas diajak review Eataly Resto yang ada di daerah Cengkareng ini. Why ? Karna gw penasaran sama review orang orang baik di zomato maupun di google. Banyak yang bilang restoran ini punya banyak menu yang enak dan lain daripada yang lain. Udah gitu bahan yang digunakan semuanya buatan sendiri, tanpa pengawet atau pewarna buatan.

Adalah Indrawati Murti yang merupakan owner sekaligus pemilik resep masakan di Eataly Resto yang menyambut kami para blogger pada kunjungan pertama ke Resto yang cozy dan nyaman ini. Ternyata beliau dan sang suami yang bule ini baru saja pulang ke Indonesia setelah lama menetap di Paris.

Ibu Ii, sapaan akrabnya menuturkan bahwa resep yang mereka gunakan adalah resep keluarga sang suami, Sven M Diekmann. Bahan yang digunakan merupakan bahan pilihan yang beberapa diantaranya di Impor langsung dari Negara Sven.

"Saya mau konsumen yang datang ke resto ini merasakan masakan yang sama dengan yang kami rasakan disana. Beberapa bahan terbaik hanya ada di kota Sven, jadi kami mengirimnya kemari dan meraciknya bersama bahan lokal agar rasanya tidak berubah tetapi tetap pas dilidah orang Indonesia" tutur beliau.


Pertama kali gw nyobain saladnya, lidah gw agak merajuk. Udah jiper aja takut menunya gak cocok sama lidah dan perut, tapi pas dicobain sesuap demi suap ternyata rasanya asik juga.


Dua jenis salad yang gw cicipi disini yakni Insalata Tonno dan Insalata Caesar, secara penampilan kedua salad ini punya perbedaan yang mencolok dimana Tonno punya sayuran lebih berwarna warni semetara caesare dominan sayuran hijau. Nah kalo soal rasa ada yang unik nih, kalo si Tonno, rasanya agak asing di lidah gw, asem dan agak sepat. Citarasa ini timbul karna pemberian cuka anggur atau yang mereka sebut aceto balsamico di Modena, irisan bombaynya tebal dan segar menambahkan rasa pedas getir dilidah. Kalo caesar cocok buat pemula kayak gw karna dia pake saos keju yang gurih dan jenis sayuran yang gak terlalu kompleks. Kalo kata Bu Ii sih anak anak yang gak doyan sayur jadi doyan makan ini. Karna kebantu sama rasa kejunya yang mendominasi.

Pizza dengan topping full keju

Beranjak dari salad, suguhan lain yang gw coba adalah pizza. Jujur, gw gak terlalu doyan sama pizza yang di pasaran kita saat ini. Meski judulnya pizza tapi kita tau kalo yg sering kita konsumsi adalah pizza gaya amerika, bukan italy. Nah di Eataly ini pizza yang ditawarkan adalah khas Napoli dimana bentuk doughnya tipis tapi gak kering. Proses masaknya juga ngadopsi gaya italy dimana pizza di panggang dalam stone oven selama kurang lebih 5 menit. Oven ini menggunakan kayu rambutan yang baranya kuat dan tahan lama sehingga proses pematangan pizza gak butuh waktu lama.


Selain bentukan adonan dasar nya, pizza eataly resto juga memiliki berbagai macam topping, mulai dari yang mainstream seperti campuran paprika dengan daging yang dinamakan capricciosa atau yang unik bernama Vecchietto dengan telur mata sapi yang setengah matang ditengah tengah pizzanya. Ada juga pizza dengan citarasa pedas atau pizza yang toppingnye terbuat dari 3 jenis keju. Rasanya ? Jangan ditanya karna ini satu satunya pizza yang cocoook banget dilidah gw. Terlebih lagi diameternya yang hampir 40cm ini mampu membuat ruang di lambung gw penuh malah gak sanggup deh makan sendirian.



Oh iya, kalo ke sini jangan lupa nyicipin aranchi, risoto dalam sebuah bulatan nasi. Rasanya enyak, gurih gitu. Kata bu Ii, aranchi ini punya kisah sendiri buat dia dan suaminya, dulu di tengah musim dingin beliau berjalan jalan kesuatu daerah wisata, tiba tiba bu Ii laper dan pengen makan yang anget. Eh dia menemukan sebuah restoran yang menjual aranchi ini. Kebetulan banget kan orang Indonesia nemu nasi, jadi bu Ii langsung jatuh cinta deh.

Bagi yang suka hangout bareng keluarga, terutama sama si kecil, boleh banget nyobain kongkow disini. Sebab seluruh ruangan yang ada di Eataly ini merupakan ruang bebas asap rokok. Aman lah buat ibu ibu yang gak mau anaknya kepapar asep rokok. Tapi yang ngerokok masih tetep bisa makan disini kok, disediain tempat yang nyaman di bagian depan resto.


Gausah ragu buat dateng kesini karna harganya sangat murah, dan harga yang tertera di menu sudah termasuk pajak.

You Might Also Like

1 comments

  1. Hi sis, kece ih....kapan ke sini lagi. Habis dari sini jadi doyan pizza dong ya wkwwkkw....btw Ii itu tante (bahasa mandarin) atau bisa dipanggil Ayi (maap bukan koreksi, meluruskan aja hehehe).

    Pizza Keju alias Formaggi Quartto itu 4 macam pizza bukan 3. Meluruskan lagi biar enak gitu baca dan info nya hehehe 😉

    ReplyDelete