Nikmatnya Citarasa Kari Khas Jepang di A&W Restoran


Kemarin sore iseng iseng facebookan sambil goreng tempe, eh ada berita yang judulnya lucu banget. Karena penasaran itu akhirnya baca dan tahu kalau mereka berantem karna kare yang dijadikan botram. Atuhhhhh, kasian.

Jadi kepikiran soal kare, ternyata makanan ini khas jepang loh. Ngulik sejarahnya yuk
 
kari ayam


Kare/kari/curry adalah nama makanan yang berkuah identik dengan rempah rempahnya. Kekayaan rempah yang ada didalam makanan yang berasal dari Asia Tenggara ini menjadikan makanan ini beraroma kuat dan pedas.

Didunia sendiri ada berbagai macam jenis kari, dari di negara asalnya India, kari biasanya menjadi pelengkap makanan utama namun di negara Asia dan Eropa, kari menjadi makanan utama yang dihidangkan bersama nasi atau roti.

Kalau di Indonesia udah tau dong ya, kari bisanya dimakan hangat sama nasi dan irisan timun dan wortel yang diberi cuka. Rasanya jangan ditanya, rancak bana!! Oh iya, dijepang juga ada loh kari. Meski sama sama bernama kari, citarasa kari jepang ini lebih unik.
 
kare jepang


Di Jepang, Kari atau kare merupakan makanan yang cukup populer, hidangan ini biasanya disajikan dalam tiga bentuk yakni nasi Kare atau kare raisu, kare udon dan kare-pan. Diantara ketiganya yang paling pas disebut kare ya nasi kare, uniknya dari kare di jepang adalah adanya katsu. Kalo di Indonesia dan India kan biasanya daging (ayam, domba,sapi, babi) di masak bersama kuah karinya, kalo di jepang dagingnya gak cuma direbus bersama tetapi juga disediakan pelengkap berupa daging yang di balut tepung dan dijadikan katsu lalu disiram dengan kuah kare yang kental. Rasa dari kare ini pun lebih kuat dengan aroma merica dan ada tepung terigu dalam komposisinya sehingga kare menjadi sangat  kental, berbeda dengan kari kita yang lebih kuat aroma pedas cabainya serta santan yang membuatnya cenderung kental berminyak . Oh iya, kalo kare jepang itu isi dari kuah karenya adalah wortel dan kentang.



Jadi penasaran kan sama citarasa kare jepang ini ? emang kalo cuma ngebayangin pake kata kata gak terlalu berasa, jadi mending kalian langsung aja cuss ke A&W Restoran. Loh kok AW ? bukannya AW restoran Amerika ? pasti kamu mikir gitu kan ya ?


Iya sih, gw juga awalnya ragu soal A&W Restaurant yang memiliki slogan All American Food ini jualan makanan Jepang, tapi pas berdiri di depan restaurantnya tersebut gw emang nemuin papan iklan kalo resto yang terkenal dengan root beernya ini punya menu baru bernama A&W Japanese Curry Premium Mixbowls dan terdiri dari 3 pilihan menu yang berbeda. Sama sama mengusung kare jepang, menu terbaru ini memiliki perbedaan dari jenis katsunya yakni chicken (ayam), Fish(Ikan) dan Prawan(Udang).

Nilai 8 dari 10 untuk A&W Japanese Curry Premium Mixbowls



Jujur gw tertarik banget sama restoran yang sudah ada di Indonesia sejak 1985 ini, terutama sama root beer yang dicampur dengan float diatasnya. Dan gw lebih tertarik lagi saat mereka menghadirkan menu baru yang merupakan makanan kegemaran di negara paporit gw Jepang! Emang sih gw gak pernah makan kare jepang sebelumnya, tapi beneran kare yang disuguhi di A&W ini enak, tepung katsunya renyah tapi dalemnya juicy, enak banget dilidah. Porsinya juga pas buat perut wanita yang masa pertumbuhannya sudah berhenti. Dan secara suka rela gw kasih nilai 8 buat makanan ini. Kenapa 8 bukan 10 ? lidah tiap orang pasti berbeda, tapi mungkin dilidah gw karinya terlalu keasinan, mungkin karna gw apes aja ya. Awalnya juga mikir asinnya karna belom di campur sama nasinya, tapi ternyata engga, emang asin. Huhuhu
 
kuah kari ekstra kental


Dari semuanya yang paling enak emang katsunya sih, apalagi yang udang, enak banget. Karinya juga rempah banget, aromanya kuat, mericanya dapet sampe anget di tenggorokan. Apalagi ditemenin sama segelas besar root beer segar. Hmm, siap siap foodgasm deh.



Satu porsi dari menu japanese curry ini bisa dibeli dengan merogoh kocek sekitar 30 ribuan saja, bisa dibeli dengan paket combo atau satuan. Nah, kalian tertarik ? langsung deh cuss ke A&W Restoran, jangan bilang gak tau dimana ya, autletnya tersebar di seluruh indonesia kok dan bisa juga pesan antar melalui delivery 14061 atau melalui awdelivery.co.id



You Might Also Like

0 comments